Kamis, 08 Maret 2012

ROKOK DI INDONESIA


       
            Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang rokok. Ya memang sudah dapat dipungkiri  lagi rokok sekarang menjadi hal yang biasa atau lazim. Negara kita saat ini sudah dikenal sebagai the next marlboro country.  Mengapa demikian?? Oke  sedikit uraian di bawah ini akan menjelaskan sepak terjang rokok di Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang menjadi salah satu pelarian perusahaan rokok terbesar di dunia, sebut saja Philip Morris International  asal Amerika serikat. Sesuai nama perusahaan tersebut Philip Morris yang merupakan aktor utama dalam industri tersebut telah melakukan perluasan wilayah industri rokoknya, Indonesia  adalah salah satunya. Pada awalnya Morris telah membeli sekitar 40% saham PT. Sampoerna. Tbk dan pada akhirnya sekarang memiliki 98% saham Sampoern. Di Amerika sana rokok sudah di haramkan, dan Morris sudah terdesak keberadaannya disana karena pemerintah Amerika Serikat sudah mengharamkan rokok di negaranya. Mengapa demikian?? Hal yang paling utama adalah karena rokok sudah menyumbang penyebab kematian terbesar .

Memang tidak ada habisnya membahas rokok di Indonesia, sekarang indonesia telah mendapat julukan The Next Marlboro Country. Sudah sepantasnya memang. Philip Morris rela menggelontorkan dana sekitar 200 juta dolar untuk melakukan invasinya ke indonesia untuk melakukan promosi berupa iklan – iklan rokok pada media massa. Pemandangan iklan – iklan rokok sudah tidak asing lagi kita lihat, kita dapat melihat iklan tersebut di papan reklame sepanjang jalan, bahkan sampe ke sekolah - sekolah. Dan isi iklannya pun sangat bagus. Bagaimana tidak menarik minat orang untuk merokok??
 

Industri rokok mencekoki dan mengkampanyekan bahwa rokok adalah sebuah gengsi, reputasi bagai perokoknya. mereka mengkampanyekan bahwa di industry rokok bergantung jutaan nasib orang (terutama petani & karyawan pabriknya) kemudian rokok tidka dijual untuk anak dibawah umur dan tidak menyebabkan penyakit. sehingga di kalangan masyarakat terjadi perdebatan apakah rokok itu termasuk zak adiktif atau bukan !!!


         Rokok adalah pembunuh nomor satu dan akan membunuh 1 milyar orang dalam 1 abad untuk jangka waktu yang panjang, dan orang akan berhenti dan insyaf ketika mereka telah merasakan efek rokok terhadap tubuhnya. Padahal kenyataannya menurut mantan dosen UI yang pernah jadi duta marketing Philip Morris di Indonesia, target utama mereka secara explisit adalah remaja berumur 14-18 tahun !!!


untuk lebih jelas lagi mengenai Philip Morris ini, silahkan kunjungi link ini
http://www.youtube.com/watch?v=DiyWK3fzTpA

Semoga bermanfaat :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar