Kamis, 31 Oktober 2013

NETETIQUE BERKOMUNIKASI DI ERA SOSIAL MEDIA

Internet merupakan suatu komunitas yang terdiri dari banyak manusia, walaupun mereka tidak dapat dilihat atau disentuh secara langsung. Seperti layaknya di dunia nyata, komunitas dunia maya juga memerlukan seperangkat aturan yang harus dipatuhi anggotanya demi kepentingan bersama. Dengan demikian, kekacauan dan tindak anarkis tidak akan terjadi maupun mengancam kelangsungan hidup komunitas internet.
Seiring berkembangnya teknologi di era globalisasi ini, segala sesuatu terasa lebih cepat dan mudah. Misalnya saja dalam hal berkomunikasi, baik itu komunikasi dengan kerabat maupun teman, serta komunikasi dalam menyebarkan informasi. Tak hanya alat-alat komunikasi saja yang dapat mempermudah pengguna dalam berkomunikasi satu sama lain, tapi juga sarana komunikasi seperti sejumlah sosial media. Melalui sosial media, pengguna dapat memperoleh informasi serta membagikan informasi melalui akun pribadi mereka. Tak hanya itu, pengguna juga bisa memperluas pergaulan dengan orang-orang dari berbagai tempat. Bahkan tak jarang sosial media dijadikan sarana untuk mempromosikan sesuatu, misalnya saja untuk menjajakan barang dagangan, atau mempromosikan suatu event dan lain sebagainya. Bagi sebagian orang pun sosial media dijadikan sarana untuk mengekspresikan diri, baik itu melalui foto maupun kata-kata. Semua hal seakan bebas dilakukan menggunakan sosial media, terlebih sarana ini dapat diakses di mana saja dengan cuma-cuma.

Natiquette atau Netiquette dapat diartikan sebagai Internet Etiquette atau Social Network Etiquette. Apa ini maksudnya? Maksudnya yaitu etika atau etiket dalam menggunakan internet atau etika atau etiket dalam menggunakan jejaring atau jaringan sosial. Apakah selama ini kalian mengetahui bahwa dalam penggunaan internet itu ternyata ada etika atau etiketnya loh? Wah ternyata banyak yang belum mengetahui etika atau etiket dalam menggunakan internet ya. Mari dibahas satu persatu mengenai hal ini.
Dalam SOCIAL NETWORK RULES ada beberapa saran, tips, ataupun aturan mengenai etika atau etiket ini. Tolong diperhatikan ya.

1.     CYBER FRIENDS FIRST
Peraturan yang pertama ini, memberi kita petunjuk bahwa pertama kali yang harus kita lakukan yaitu menjalin pertemanan dengan teman yang bergabung dalam dunia maya. Sehingga, kita dapat menjadi orang yang terbuka dalam hal pemikiran untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang lebih luas lagi. tetapi harus tetap berhati – hati untuk menghindari kejahatan yang sering terjadi melalui internet.

2.     CONSTRUCTIVE CRITICISM
Selanjutnya, membangun atau membentuk kritik. Maksudnya yaitu dengan bertambah wawasan dan pengetahuan yang kita miliki, dapat mengaktifkan pembangunan kritik terhadap sutu peristiwa tertentu yang sedang terjadi tanpa menyakiti hati pihak manapun.

3.     FRIEND CAUTIOUSLY
Berteman secara hati – hati, untuk menghindari kejahatan yang sering terjadi melalui internet, media sosial, ada baiknya sebagai pengguna internet melakukan screening atau pemindaian atas teman – teman media sosial yang ada untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan. Selain itu juga, menyeleksi mana teman yang baik dan mana yang buruk, dalam pengertian teman yang buruk dapat diarahkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik, apabila tidak bisa, bukan ditinggalkan maupun dijauhi, tetapi ada baiknya kita sebagai pengguna internet yang mengerti etika atau etiket dalam berinternet tidak mengikuti hal – hal buruk yang ditampilkan oleh pengguna internet yang buruk tersebut.

4.     UNFRIEND REASONABLY
Tidak berteman dengan alasan yang jelas, dimaksudkan agar seseorang yang tidak lagi ‘dianggap’ teman oleh kita sebagai pengguna internet yang beretika atau beretiket tidak sakit hati atas tindakan yang kita lakukan. Selain untuk menghindari kejadian buruk yang akan timbul sebagai resiko, maupun hal negatif lainnya.

5.     ALWAYS THINK POSITIVE
Selalu berpikir positif, sebagai dampak yang baik untuk orang lain, gunakanlah pemikiran – pemikiran positif dalam mengungkapkan segala sesuatu menggunakan internet dan sosial media. Maka dengan itu, pengungkapan segala bentuk pemikiran yang positif, tidak hanya berdampak dalam kehidupan diri kita sendiri, bahkan orang – orang yang membacanya pun dapat berpikiran yang sama secara positif dalam menghadapi segala sesuatu dalam kehidupan orang tersebut.

6.     SHARE ENCOURAGING WORDS
Berbagi kata – kata yang membesarkan hati, memberikan dorongan dan harapan, serta menganjurkan hal – hal yang membuat seseorang termotivasi atas kata – kata yang diungkapkan dengan tujuan memberi semangat dalam menjalani kehidupan nyata. Sama halnya dengan poin yang telah diungkapkan sebelumnya, berbagi kata – kata motivasi atau yang sering kita dengar dengan istilah ‘quotes’ dapat bermanfaat tak hanya bagi diri kita sendiri, orang lain pun dengan tak sengaja membaca kata – kata motivasi yang telah kita ungkapkan akan tertanam di alam bawah sadarnya sehingga dapat dimungkinkan dapat mempengaruhi keseluruhan harinya.

7.     DELETE THE BAD WORDS
Hapus kata – kata yang buruk atau tidak baik. Berdasarkan hukum atas ketertarikan, kata – kata merupakan kata kunci dalam kehidupan kita, jika disekeliling kita terdapat kata – kata yang kurang baik, dapat dimungkinkan bahwa hari – hari dalam kehidupan kita akan menjadi kurang baik pula. Ini juga merupakan salah satu etika atau etiket dalam menggunakan internet, kata – kata yang buruk dapat menyakiti hati dan perasaan bagi para pembaca dalam internet. Jadi berhati – hatilah dengan ucapan atau kata – kata yang diungkapkan oleh kita.

8.     EMBRACE DIVERSITY
Merangkul perbedaan, dalam melakukan akses ke internet, sangat diharuskan dapat merangkul perbedaan. Maksudnya, seperti yang kita ketahui bahwa masuk dan melakukan akses ke dalam jaringan internet, sudah dipastikan bahwa kita akan bertemu dengan berbagai macam jenis orang yang juga memiliki berbagai sifat, sikap, perilaku, agama, ras, dan masih banyak perbedaan lainnya. Nah perbedaan yang seperti inilah yang harus kita satukan sehingga yang ada hanyalah pengguna internet yang saling berbagi informasi, wawasan, pengetahuan, tentunya yang bermanfaat bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Hapuslah segala perbedaan yang ada dan jalinlah pertemanan yang seluas – luasnya.
Beberapa saran, tips, atau dapat dikatakan sebagai aturan dalam beretika atau beretiket dalam melakukan akses ke internet.

http://www.networketiquette.net/social_network.html

TUGAS PENGANTAR TELEMATIKA 
(DENDI CHRISMA_11110778_4KA15) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar